Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Euro Makin Tak Disukai

Kompas.com - 06/12/2011, 09:45 WIB

BERLIN, KOMPAS.com — Sebanyak 60 persen penduduk Jerman beranggapan bahwa ide mata uang tunggal adalah ide buruk. Mata uang euro makin tidak disukai. Para pemimpin Eropa juga terus sibuk bertemu untuk memecahkan krisis utang.

Lebih dari separuh warga Jerman beranggapan, euro adalah ide buruk. Hal itu terungkap dari jajak pendapat yang dipublikasikan pada Senin (5/12/2011). Majalah Jerman Focus memprakarsai jajak pendapat ini setelah hampir satu dekade mata uang bersama, euro, diberlakukan.

Sebanyak 85 persen dari mereka yang ditanyai menyatakan yakin, dengan adanya euro, harga-harga justru naik.

Sepertiga dari 1.000 responden juga menyatakan yakin, mata uang lama mark Jerman lebih solid karena terbukti lebih stabil terhadap mata uang lain.

Kanselir Jerman Angela Merkel menyatakan akan mempertahankan euro.

Keluhan terhadap mata uang tunggal Eropa itu semakin mengemuka belakangan ini. Krisis utang merebak dua tahun lalu, dan hingga kini dampaknya semakin meluas terhadap anggota zona euro.

Euro yang awalnya merupakan lambang kesatuan dan kekuatan kawasan seolah berubah menjadi senjata makan tuan. Ternyata dengan keberadaan mata uang tunggal, krisis justru merebak lebih cepat. (AP/AFP/Reuters/joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com