Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Putin Diprediksi Rebut 238 Kursi

Kompas.com - 05/12/2011, 14:55 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Partai Rusia Bersatu Vladimir Putin diperkirakan merebut 238 dari 450 kursi majelis rendah parlemen Duma pada pemilu legislatif yang digelar Minggu (4/12/2011), kata Ketua Komisi Pemilu Pusat Vladimir Churov pada Senin (5/12/2011).

Dengan hampir semua suara yang masuk sudah dihitung, Rusia Bersatu memperoleh 49,5 persen suara. Itu artinya, perolehan partai Putin dan Presiden Dmitry Medvedev itu  berkurang 13 kursi. Sebelumnya, Rusia Bersatu menguasai 315 kursi di Duma.

Churov memperkirakan, Partai Komunis akan meraih 92 kursi dan Partai LDPR nasionalis Vladimir Zhirinovsky dengan 56 kursi.

Selain partai Rusia Bersatu, yang berkuasa, enam partai lain bersaing dalam pemungutan suara bagi anggota majelis rendah Duma. Hasil pemilu legislatif ini dipandang sebagai 'gladi resik' pemilihan presiden. Seperti diketahui, PM Putin akan mencalonkan diri kembali pada pemilu presiden.

Beberapa pengamat mengatakan Rusia Bersatu berharap bisa mengulangi keberhasilan dalam pemilihan terakhir anggota parlemen pada 2007, ketika negara itu meraih mayoritas besar, 64,3 persen dan meraih 315 kursi di Duma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com