Partai Putin Diprediksi Rebut 238 Kursi

Kompas.com - 05/12/2011, 14:55 WIB
EditorKistyarini

MOSKWA, KOMPAS.com - Partai Rusia Bersatu Vladimir Putin diperkirakan merebut 238 dari 450 kursi majelis rendah parlemen Duma pada pemilu legislatif yang digelar Minggu (4/12/2011), kata Ketua Komisi Pemilu Pusat Vladimir Churov pada Senin (5/12/2011).

Dengan hampir semua suara yang masuk sudah dihitung, Rusia Bersatu memperoleh 49,5 persen suara. Itu artinya, perolehan partai Putin dan Presiden Dmitry Medvedev itu  berkurang 13 kursi. Sebelumnya, Rusia Bersatu menguasai 315 kursi di Duma.

Churov memperkirakan, Partai Komunis akan meraih 92 kursi dan Partai LDPR nasionalis Vladimir Zhirinovsky dengan 56 kursi.

Selain partai Rusia Bersatu, yang berkuasa, enam partai lain bersaing dalam pemungutan suara bagi anggota majelis rendah Duma. Hasil pemilu legislatif ini dipandang sebagai 'gladi resik' pemilihan presiden. Seperti diketahui, PM Putin akan mencalonkan diri kembali pada pemilu presiden.

Beberapa pengamat mengatakan Rusia Bersatu berharap bisa mengulangi keberhasilan dalam pemilihan terakhir anggota parlemen pada 2007, ketika negara itu meraih mayoritas besar, 64,3 persen dan meraih 315 kursi di Duma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.