Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Foto Raja, PM Yingluck Minta Maaf

Kompas.com - 05/12/2011, 12:02 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com — Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra meminta maaf kepada Raja Bhumipol Adulyadej atas kesalahan pemasangan foto pada akun Facebook-nya, harian The Nation melaporkan, Senin (5/12/2011).

Yingluck memerintahkan sekretarisnya, Banthoon Suphakwanit, untuk mengirimkan penjelasan kepada Biro Rumah Tangga Kerajaan dengan permintaan maaf, Minggu (4/12/2011).

Pada Sabtu (3/12/2011), seorang stafnya mengunggah foto yang salah ketika Yingluck menulis pesan melalui Facebook yang mengajak rakyat Thailand untuk berpartisipasi dalam perayaan hari ulang tahun ke-84 Raja Bhumipol.

"Tim Facebook Perdana Menteri membuat kesalahan dengan memasang foto-foto yang salah. Kami sudah melaporkan kesalahan itu kepada Perdana Menteri," kata seorang anggota tim di akun facebook.com/Y.Shinawatra, Minggu (4/12/2011), seperti dikutip Bangkok Post.

Bukannya memasang foto Raja Bhumipol, tim itu memasang foto mendiang Raja Ananda, kakak Raja Bhumipol, yang sedang duduk di singgasana. Foto itu diunggah pada Sabtu sekitar pukul 22.00 waktu Thailand. Namun, foto-foto itu langsung dicabut.

Raja Ananda meninggal pada 9 Juni 1946 di usia 21 tahun.

Foto itu menyertai pesan dari Yingluck yang berbunyi, "Pada 5 Desember, seluruh rakyat Thailand akan bersama-sama mendoakan Yang Mulia."

Banyak orang memberi komentar soal kesalahan itu. Sebagian besar mengecam timnya karena membuat kesalahan. Namun, banyak juga yang menyalahkan PM Yingluck.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com