Salah Foto Raja, PM Yingluck Minta Maaf

Kompas.com - 05/12/2011, 12:02 WIB
EditorKistyarini

BANGKOK, KOMPAS.com — Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra meminta maaf kepada Raja Bhumipol Adulyadej atas kesalahan pemasangan foto pada akun Facebook-nya, harian The Nation melaporkan, Senin (5/12/2011).

Yingluck memerintahkan sekretarisnya, Banthoon Suphakwanit, untuk mengirimkan penjelasan kepada Biro Rumah Tangga Kerajaan dengan permintaan maaf, Minggu (4/12/2011).

Pada Sabtu (3/12/2011), seorang stafnya mengunggah foto yang salah ketika Yingluck menulis pesan melalui Facebook yang mengajak rakyat Thailand untuk berpartisipasi dalam perayaan hari ulang tahun ke-84 Raja Bhumipol.

"Tim Facebook Perdana Menteri membuat kesalahan dengan memasang foto-foto yang salah. Kami sudah melaporkan kesalahan itu kepada Perdana Menteri," kata seorang anggota tim di akun facebook.com/Y.Shinawatra, Minggu (4/12/2011), seperti dikutip Bangkok Post.

Bukannya memasang foto Raja Bhumipol, tim itu memasang foto mendiang Raja Ananda, kakak Raja Bhumipol, yang sedang duduk di singgasana. Foto itu diunggah pada Sabtu sekitar pukul 22.00 waktu Thailand. Namun, foto-foto itu langsung dicabut.

Raja Ananda meninggal pada 9 Juni 1946 di usia 21 tahun.

Foto itu menyertai pesan dari Yingluck yang berbunyi, "Pada 5 Desember, seluruh rakyat Thailand akan bersama-sama mendoakan Yang Mulia."

Banyak orang memberi komentar soal kesalahan itu. Sebagian besar mengecam timnya karena membuat kesalahan. Namun, banyak juga yang menyalahkan PM Yingluck.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.