Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Serahkan Pangkalan Utamanya ke Irak

Kompas.com - 02/12/2011, 23:32 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com Amerika Serikat (AS), Jumat (2/12/2011), menyerahkan Victory Base Complex (VBC) dekat Baghdad kepada Pemerintah Irak. VBC merupakan pangkalan utama, tempat negara itu mengatur perangnya di Irak, kata seorang juru bicara militer AS.

"Victory Base Complex secara resmi diserahkan kepada Pemerintah Irak pagi ini. Pangkalan itu tidak lagi berada di bawah kekuasaan AS dan kini sepenuhnya dikuasai Pemerintah Irak," kata Kolonel Barry Johnson, juru bicara Pasukan AS-Irak (USF-I). "Tidak ada upacara, hanya penandatanganan dokumen sama dengan penandatanganan penjualan rumah," kata Johnson dalam satu pernyataan e-mail yang dikirim kepada AFP.

Letkol Angela Funaro, juru bicara USF-I, mengatakan, pasukan AS telah ditarik lebih dulu dan hanya tinggal lima pangkalan AS di Irak saat ini yang akan diserahkan. "Semua pasukan AS dipulangkan sampai Kamis malam," katanya. "Pangkalan udara yang dekat dengan VBC telah diserahkan kepada departemen luar negeri, tetapi masih ada sejumlah tentara di sana," tambahnya.

Pada saat puncaknya, VBC menampung lebih dari 100.000 orang—sekitar 42.000 personel militer dan lebih dari 65.000 kontraktor—kata sejarawan penting tentara AS di Irak. Presiden AS Barack Obama pada 21 Oktober mengumumkan bahwa pasukan AS akan meninggalkan Irak pada akhir tahun 2011 setelah hampir sembilan tahun perang yang menewaskan ribuan tentara AS dan puluhan ribu warga Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com