Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Juga Tarik Dubesnya dari Iran

Kompas.com - 02/12/2011, 05:58 WIB

ROMA, KOMPAS.com — Italia, Kamis (1/12/2011), mengatakan, mereka akan memanggil pulang duta besarnya untuk Iran "guna konsultasi" setelah Kedutaan Besar Inggris di Teheran diserang para demonstran Selasa lalu.

Menteri Luar Negeri Italia, Giulio Terzi, membuat pengumuman itu pada konferensi pers di Brussels yang dilaporkan oleh media Italia. Seorang pejabat kementerian luar negeri di Roma memastikan laporan itu. Duta Besar Alberto Bradanini telah menempati jabatannya itu sejak 2008.

Kementerian itu juga menasihati warga Italia di Teheran untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan kesiapsiagaan dalam gerakan mereka dengan menghindari pergi ke dekat masjid, tempat prosesi keagamaan. "Demonstrasi di Teheran dan kota-kota besar lainnya tidak dapat dikecualikan," katanya.

Terzi dan menteri luar negeri lain Uni Eropa sebelumnya pada Kamis telah menambah tekanan terhadap Iran karena program nuklirnya yang diperselisihkan, dengan menjatuhkan sanksi pada 180 perusahaan dan orang serta mengancam sektor minyaknya yang sangat penting. Terzi mengatakan itu merupakan "isyarat bersama dan jelas" terhadap Iran.

Perancis, Jerman, dan Belanda telah menarik duta besar mereka dari Iran setelah Kedutaan Besar Inggris di Teheran diserang. Italia juga telah memanggil kuasa usaha di Kedutaan Besar Iran di Roma.

Pemerintah Italia sebelumnya telah menyampaikan kecaman kerasnya terkait "serangan hebat dan tak dapat ditoleransi" itu serta menekankan solidaritasnya pada Pemerintah Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com