Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Kekerasan Rezim Suriah Capai 4.000 Orang

Kompas.com - 02/12/2011, 04:39 WIB

GENEVA, KOMPAS.com Jumlah orang yang tewas di Suriah menyusul tindakan keras terhadap demonstran sejak Maret lalu telah mencapai sedikitnya 4.000 orang, kata badan hak asasi manusia PBB, Kamis (1/12/2011).

"Kami sekarang menetapkan jumlahnya 4.000 orang. Namun, informasi yang datang pada kami jumlah itu jauh lebih banyak," kata Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (HAM), Navi Pillay, pada suatu konferensi di Geneva. Pillay akan berpidato pada sidang khusus Dewan HAM itu, Jumat ini, yang diminta untuk membicarakan penemuan-penemuan sebuah panel independen mengenai situasi hak asasi manusia di Suriah.

Komisi Penyelidikan Independen, Senin lalu, mengatakan, pasukan Suriah telah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan, termasuk pembunuhan dan penganiayaan anak-anak, mengikuti perintah dari tingkat tertinggi dari rezim Presiden Bashar al-Assad. Panel itu telah mengumpulkan bukti dari 233 saksi dan korban penindasan kejam terhadap demonstran anti-rezim, tetapi tidak diberi izin untuk masuk ke negara itu.

Angka sebelumnya yang dikeluarkan PBB pada awal bulan ini menyebutkan, jumlah korban tewas kira-kira 3.300 orang. Pillay memberikan jumlah yang telah direvisi, yang ia lukiskan sebagai "konservatif" itu saat menjawab pertanyaan yang diajukan wartawan pada peluncuran kampanye media sosial untuk mempromosikan hari HAM pada 10 Desember.

Ketika ditanya apakah situasi di Suriah telah memenuhi kriteria konflik bersenjata, Pillay mengatakan, mereka perlu mempelajari laporan itu untuk melihat luasnya tindakan kekuatan oposisi. "Saya sudah mengatakan bahwa di sana makin banyak pembelot yang mengancam untuk mengangkat senjata. Saya katakan ini Agustus pada Dewan Keamanan, maka di sana akan ada perang saudara," kata komisaris hak asasi manusia itu. "Itu masalah mempelajari laporan tersebut untuk melihat tingkat apa yang mereka katakan sebagai kekuatan oposisi itu dalam upaya untuk mencapai karakterisasi konflik bersenjata."

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Catherine Ashton, Senin lalu, telah meminta sidang khusus Dewan HAM menyusul dipublikasikannya laporan panel penyelidikan itu.

Sebuah rancangan resolusi Uni Eropa mengutuk "pelanggaran hak asasi manusia sistematis serius" yang dilakukan Pemerintah Suriah dan meminta agar penemuan itu diajukan ke Majelis Umum dan Dewan Keamanan PBB. Dewan HAM sebelumnya telah mengadakan sidang khusus mengenai Suriah pada 29 April dan 22-23 Agustus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com