Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Lelang Dana 5,38 Miliar Euro

Kompas.com - 01/12/2011, 10:37 WIB
Orin Basuki

Penulis

MILAN, KOMPAS.com- Kementerian Keuangan Italia menyuntikkan dana segar untuk membantu kekeringan likuiditas yang dialami perbankan negara tersebut melalui lelang likuiditas dengan memanfaatkan pasar kredit antar bank berjangka waktu sehari.

Dana yang langsung diserap lembaga keuangan Italia yang sangat kelaparan likuiditas dan para debitor internasional pada lelang Rabu (30 November 2011) waktu Italia atau Kamis pagi WIB itu mencapai 5,38 miliar euro.

Demikian dilaporkan kantor berita Reuters dari Milan, Italia, Kamis (1/12/2011) subuh. Merangkum berbagai analis, Reuters menyebut pergerakan fiskal Kementerian Keuangan Italia ini sebagai kebijakan yang dilakukan pada waktu tertentu saja. Kebijakan ini menjadi alteratif sumber pendanaan untuk menolong bank-bank yang bergulat dengan masalah kekurangan likuiditas di Eropa.

Total penawaran yang masuk sepanjang lelang kemarin itu mencapai 14,85 miliar euro, sehingga terjadi kelebihan penawaran dibanding penawar yang dimenangkan sebesar 2,76 kali. Suku bunga yang diberikan untuk dana tersebut adalah dua persen untuk lelang di Rabu pagi dan menurun pada level 0,99 persen di Rabu sorenya.

Tingkat suku bunga ini lebih tinggi dibandingkan suku bunga pasar yang berlaku dilevel 0,6 persen hingga 0,75 persen. Ini menandakan bahwa bank-bank yang menyerap dana pemerintah Italia bersedia membayar lebih mahal untuk mengamankan likuditas mereka.

Sebelumnya, pada lelang pertama Rabu pagi kemarin, suntikan dana hanya 1,98 miliar euro, kurang dari separuh jumlah uang ditawarkan. Namun, jumlah penawaran yang masuk sudah 11,5 miliar euro. Baru pada lelang kedua, suntikan dananya melonjak menjadi 3,4 miliar euro.

Ada lima bank yang menyampaikan penawaran pada lelang tersebut. Ini merupakan sistem lelang baru yang diterapkan untuk mengelola likuiditas di pasar uang dengan dampak yang dirasakan segera. Caranya adalah dengan memanfaatkan rekening di Bank Sentral Italia.

Sumber dari Kementerian Keuangan Italia menyebutkan, total dana pemerintah Italia di Bank Sentral mencapai 36 miliar euro per akhir Oktober 2011. Atas dasar itu ada kemungkinan lelang dilakukan untuk tenor yang lebih panjang dari satu hari. Namun, Kementerian Keuangan akan menuntut jaminan untuk itu.

Praktek ini dilakukan Kementerian Keuangan Italia sejak tahun 2007. Namun di masa lalu, penggunaannya hanya dimaksudkan untuk menggerakan kelebihan dana. Ini adalah bagian dari reformasi sistem pengelolaan likuiditas yang sudah dimungkinan sejak tahun 2009.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com