Rusia Menentang Embargo Senjata terhadap Suriah

Kompas.com - 29/11/2011, 18:51 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Krisis di Suriah bakalan makin meruncing. Setelah Liga Arab menerapkan sanksi terhadap Suriah, pada Jumat lalu, giliran Rusia yang mengajukan protes sehubungan dengan sanksi itu. Adalah Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov yang dengan tegas mengatakan, negaranya menolak sanksi berbentuk embargo senjata kepada Suriah.

Lavrov yang berbicara di Moskwa sebagaimana warta Xinhua pada Selasa (29/11/2011), negerinya menghindari pengulangan kebijakan seperti diterapkan di Libya belum lama ini. "Proposal embargo senjata terhadap Suriah tidak adil," katanya seusai bertemu dengan duta-duta besar negara-negara Arab.

Menurutnya, banyak pihak bisa masuk ke Suriah dari berbagai negara. Kebanyakan dari mereka juga aktif menyuplai senjata. Rusia memberi sinyal bahwa hanya Suriah yang bisa menuntaskan problemnya sendiri. "Pihak luar Suriah jangan memperburuk suasana dengan membuat pembenaran atas intervensi yang akan dilakukan," demikian Lavrov mengingatkan.

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.