Anak-anak Dibunuh agar Tak Jadi Demonstran

Kompas.com - 29/11/2011, 12:23 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

BEIRUT, KOMPAS.com — Ratusan anak dibantai dan disiksa pasukan militer Suriah. Salah seorang di antaranya anak perempuan berusia dua tahun, yang ditembak mati pasukan militer dengan alasan agar anak itu tidak tumbuh besar menjadi seorang demonstran.

Temuan mengerikan itu merupakan hasil kesimpulan penyelidikan Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, Senin (28/11/2011) kemarin, yang menyebutkan sebanyak 256 anak dibunuh pasukan militer Suriah antara pertengahan Maret hingga awal November. Kebanyakan dari anak-anak itu disiksa sebelum dibunuh.

Dalam laporan Dewan HAM PBB itu disebutkan, siksaan diterapkan sama kepada orang dewasa dan anak-anak. Dari banyak kesaksian disebutkan pula banyak anak pria disiksa secara seksual oleh tentara di depan tahanan pria dewasa lain.

Dewan mewawancarai 223 korban dan saksi mata, termasuk dari kalangan pembelot militer Suriah. Laporan itu juga mengutip pernyataan mantan tentara Suriah, yang mengaku memilih kabur dan membelot setelah menyaksikan sendiri seorang perwira militer menembak mati anak perempuan berusia dua tahun di Latakia. Perwira biadab itu berseloroh dirinya membunuh agar anak perempuan tadi tidak besar menjadi demonstran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.