Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Dilaporkan Dekat Instalasi Nuklir Iran

Kompas.com - 29/11/2011, 10:17 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Suara yang diduga ledakan terdengar dari kota Isfahan, Iran, Senin sore (28/11/2011), kata kepala kehakiman di provinsi itu, tapi wakil gubernur provinsi tersebut membantah bahwa terjadi ledakan kuat.

"Pada sore hari, terdengar suara seperti ledakan, tapi kami tak memiliki keterangan apa pun dari pasukan keamanan mengenai sumber suara itu," kata kepala kehakiman provinsi tersebut Gholamreza Ansari sebagaimana dikutip kantor berita ISNA.

Namun, kantor berita Mehr, dengan mengutip Wakil Gubernur Mohammad Mehdi Ismaili, melaporkan, "Sejauh ini tak ada laporan mengenai suara ledakan kuat yang terdengar dari badan pemerintah di Isfahan."

Media elektronik milik negara, Press TV, yang juga mengutip Ismaili, menyatakan laporan mengenai ledakan itu "sama sekal tak berdasar dan dibuat-buat".

Satu instalasi nuklir penting Iran yang terlibat dalam pemrosesan uranium berada di dekat kota Isfahan. Namun media Iran melaporkan peristiwa tersebut tak mengarah ke sana.

Juru bicara Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) Gill Tudor mengatakan badan pengawas PBB mengetahui laporan media itu tapi tak memiliki keterangan lebih lanjut.

Media Iran memberi laporan yang saling bertentangan mengenai peristiwa itu, yang terjadi kurang tiga pekan setelah ledakan besar di satu pangkalan militer di dekat Teheran, ibu kota Iran, menewaskan lebih dari selusin anggota Pengawal Revolusi, termasuk komandan pasukan rudalnya.

Kantor berita Mehr, dengan mengutip media Iran, yang tak disebutkan identitasnya, melaporkan satu ledakan telah terjadi di satu stasiun pompa bensin di kota kecil di dekat kota Isfahan.

Pada 12 November, Iran menyatakan ledakan kuat di satu pangkalan militer 45 kilometer di sebelah barat Teheran menewaskan 17 personel Pengawal Revolusi, termasuk kepala program rudal pasukan elit Iran tersebut.

ran menyatakan ledakan itu, yang suaranya dapat terdengar sampai ibu kota, disebabkan oleh kecelakaan sewaktu senjata sedang dipindahkan.

Laporan soal kemungkinan ledakan di dekat Isfahan adalah berita utama dalam siaran berita TV di Israel, kendati berita tersebut tak dilengkapi komentar dari para pejabat Israel atau perincian selain yang diberikan oleh kantor berita Iran. Sementara juru bicara militer Israel yang dihubungi melalui telepon tak bersedia memberi komentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com