Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thanksgiving Buat Bursa AS Kembali Bergairah

Kompas.com - 29/11/2011, 07:25 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Pasar saham Amerika Serikat kembali bergairah pada perdagangan Senin (28/11/2011) waktu setempat, dengan indeks utama didorong oleh petunjuk bahwa para pemimpin Eropa mungkin memiliki rencana untuk mengakhiri  krisis utang yang telah lama berjalan di benua itu.

"Saham melonjak di tengah spekulasi bahwa para pemimpin Eropa membahas sebuah kesepakatan di mana negara-negara anggota zona euro akan berkomitmen untuk melakukan disiplin anggaran ketat tanpa menunggu perubahan perjanjian," kata Scott Marcouiller dari Wells Fargo Advisors.
    
Indeks Dow Jones Industrial Average naik 2,59 persen, atau 291,23 poin, menjadi mencapai 11.523,01 dalam penutupan perdagangan. Sementara di tengah salah satu hari tersibuk dalam setahun untuk penjualan online, indeks Nasdaq naik 3,52 persen (85,83) menjadi 2.527,34.

Indeks S&P 500 naik 2,92 persen (33,88 poin) menjadi 1.192,55, didorong antara lain oleh ekspektasi yang biasanya  perdagangan cerah pada "Cyber Monday" sesuai dengan pengaruh liburan pekan lalu dalam penjualan di toko-toko.

National Retail Federation menyatakan, warga Amerika mengabaikan kesuraman ekonomi untuk menghabiskan rekor 52,4 miliar dollar AS selama hari Thanksgiving akhir pekan.

"Penjualan selama libur panjang akhir pekan naik 16 persen dari tahun lalu, menandai jumlah dollar AS terbesar yang pernah dihabiskan selama periode 'Black Friday', awal tidak resmi dari musim belanja Natal," kata NRF.

"Wall Street sedang berupaya menyingkirkan kekalahan pekan lalu," kata Karee Venema dari Schaeffer Investment Research. Untuk diketahui saja, pada pekan lalu Dow kehilangan 4,8 persen.

Perusahaan mineral, pertambangan, dan manufaktur tampaknya diuntungkan dari "rally" Senin. Saham Alcoa dan Caterpillar naik 4,7 persen, sedangkan Hewlett-Packard dan Chevron keduanya naik sangat kuat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com