Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NATO Akan Serahkan 6 Provinsi ke Afganistan

Kompas.com - 28/11/2011, 10:24 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Gelombang kedua transisi keamanan dari NATO ke pasukan keamanan setempat di Afganistan akan mencakup enam provinsi, tujuh kota, dan puluhan distrik. Demikian sebuah pernyataan dari kantor Presiden Hamid Karzai, Minggu (27/11/2011).

Dengan begitu, lebih dari 60 persen Afganistan segera berada di bawah kendali pasukan dan para pejabat setempat. Tidak disebutkan tanggal pasti peralihan tahap kedua itu. 

Tahap pertama dari transisi itu telah dimulai pada Juli lalu, sebagian dari proses yang akan memperlihatkan ketika semua tentara asing meninggalkan negara itu pada akhir 2014.
Provinsi-provinsi yang akan diserahkan secara keseluruhan pada tahap kedua adalah Balkh, Daikundi, Kabul, Takhar, Samangan, dan Nimroz.

Kota-kota yang akan diserahkan adalah Jalalabad, Kota Ghazni, Maydan Shahr, Faizabad, Ghaghcharan, Shiirghan, dan Qalay-I-Naw. Jalalabad adalah satu dari kota-kota penting di Afganistan, dekat perbatasan dengan Pakistan.

"Dengan keputusan hari ini oleh presiden, separuh lebih penduduk negara itu sekarang akan tercakup dalam proses peralihan tersebut," demikian pernyataan dari kantor presiden.

Tahap kedua tempat-tempat yang akan dialihkan itu secara signifikan lebih besar dari yang dialihkan pada tahap pertama, yang digembar-gemborkan para pejabat sebagai langkah yang berhasil. Namun, proses itu belum lancar, mengingat para gerilyawan terus mengebom dan melakukan serangan-serangan mencolok di daerah-daerah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com