Jelang Pemilu, Chavez Bagi Subsidi 2,3 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 26/11/2011, 07:46 WIB
EditorKistyarini

CARACAS, KOMPAS.com - Presiden Venezuela Hugo Chavez menyatakan akan membagi subsidi bagi rakyat miskin dengan nilai total 2,3 miliar dollar AS awal tahun 2012, saat Chavez mencalonkan diri sebagai presiden untuk masa jabatan berikutnya.

Dana bantuan sosial itu meliputi tunjangan 100 dollar per bulan untuk setiap wanita hamil dan 100 dollar untuk setiap anak kecil di keluarga miskin, dengan batasan tiga anak tiap keluarga. Warga yang menanggung anak difabel akan mendapat bantuan 140 dollar tiap bulan, tidak pedul berapa usia anak itu, kata Chavez.

Subsidi sebesar itu sangat signifikan bagi rakyat Venezuela sebab 100 dollar adalah sepertiga gaji bulanan rata-rata warga

"Saya kembali memeriksa statistik, pada semua angka," kata Chavez, yang juga menjanjikan "misi besar" untuk menanggulangi kemiskinan yang "ada kalanya mendekati penderitaan".

"Apakah kalian pikir misi seperti ini akan terjadi di masyarakat kapitalis? Tidak mungkin," ujar Chavez, yang memimpin negara berpenduduk 28 juta itu sejak 1999.

Chavez juga mengancam bakal menasionalisasi dan mengambil alih bisnis yang tidak mematuhi peraturan baru pemerintah dalam hal regulasi barang dan jasa, terutama para peritel yang disebutnya "menimbun" barang kebutuhan pokok untuk menaikkan harga.

"Kaum borjuis, para calo.... para penimbun sebaiknya bekerja sama atau kami akan menegakkan hukum," tegas Chavez.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya sendiri yang akan memimpin rakyat untuk melakukan hal itu, dan kami akan datang dan menduduki pabrik-pabrik bisnis tersebut, dan kami akan menasionalisinya, namun mereka tidak akan lolos."

Pemimpin yang tegas menentang Amerika Serikat itu merupakan sekutu politik dan ekonomi Kuba. Chavez juga meluncurkan program penopang ekonomi bagi pemerintah yang simpatik di seluruh Amerika Latin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.