Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pemilu, Chavez Bagi Subsidi 2,3 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 26/11/2011, 07:46 WIB

CARACAS, KOMPAS.com - Presiden Venezuela Hugo Chavez menyatakan akan membagi subsidi bagi rakyat miskin dengan nilai total 2,3 miliar dollar AS awal tahun 2012, saat Chavez mencalonkan diri sebagai presiden untuk masa jabatan berikutnya.

Dana bantuan sosial itu meliputi tunjangan 100 dollar per bulan untuk setiap wanita hamil dan 100 dollar untuk setiap anak kecil di keluarga miskin, dengan batasan tiga anak tiap keluarga. Warga yang menanggung anak difabel akan mendapat bantuan 140 dollar tiap bulan, tidak pedul berapa usia anak itu, kata Chavez.

Subsidi sebesar itu sangat signifikan bagi rakyat Venezuela sebab 100 dollar adalah sepertiga gaji bulanan rata-rata warga

"Saya kembali memeriksa statistik, pada semua angka," kata Chavez, yang juga menjanjikan "misi besar" untuk menanggulangi kemiskinan yang "ada kalanya mendekati penderitaan".

"Apakah kalian pikir misi seperti ini akan terjadi di masyarakat kapitalis? Tidak mungkin," ujar Chavez, yang memimpin negara berpenduduk 28 juta itu sejak 1999.

Chavez juga mengancam bakal menasionalisasi dan mengambil alih bisnis yang tidak mematuhi peraturan baru pemerintah dalam hal regulasi barang dan jasa, terutama para peritel yang disebutnya "menimbun" barang kebutuhan pokok untuk menaikkan harga.

"Kaum borjuis, para calo.... para penimbun sebaiknya bekerja sama atau kami akan menegakkan hukum," tegas Chavez.

"Saya sendiri yang akan memimpin rakyat untuk melakukan hal itu, dan kami akan datang dan menduduki pabrik-pabrik bisnis tersebut, dan kami akan menasionalisinya, namun mereka tidak akan lolos."

Pemimpin yang tegas menentang Amerika Serikat itu merupakan sekutu politik dan ekonomi Kuba. Chavez juga meluncurkan program penopang ekonomi bagi pemerintah yang simpatik di seluruh Amerika Latin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com