Lebih Segar dengan "Sungai Mini" di Taman Rumah

Kompas.com - 25/11/2011, 15:10 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Kolam dengan tanaman air di pinggir kolam sepertinya sudah biasa. Walaupun begitu, memanfaatkan kombinasi air dan taman tetap menjadi solusi yang efisien untuk menghadirkan suasana segar di rumah Anda.

Rasanya akan lebih seru jika Anda bisa menciptakan sebuah aliran di halaman depan atau taman belakang rumah. Ya, seperti sebuah aliran sungai kecil mengalir dan menghasilkan suara gemiriciknya.

Sungai mini bisa hadir hanya dengan lahan yang tidak terlalu besar di rumah. Anda pun bisa menciptakan sebuah sumber mata air yang dapat mengalir tiada henti dan menyatu dengan bebatuan di taman rumah Anda.

Konsep menciptakan sungai ini bisa Anda namakan river pond. Berbeda dengan kebanyakan water pond, konsep river pond membiarkan air membasahi bidang kolam dan bebatuan yang memagarinya. Air tidak dibendung, hanya diberi cekungan dari tatanan batu-batu yang ada, sehingga benar-benar menyerupai sungai alami.

Mata air buatan dapat diciptakan dengan perpaduan pipa saluran air yang berbahan bambu, selain berserat alami, material bambu cukup kuat untuk menahan aliran air yang mengalir terus menerus dan memberikan suara gemricik air lebih renyah dibandingkan dengan pipa besi ataupun pipa PVC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.