Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dewan Militer Mesir Tunjuk PM Baru

Kompas.com - 25/11/2011, 04:28 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Dewan militer yang berkuasa di Mesir menunjuk Kamal al-Ganzuri untuk membentuk pemerintahan baru, media-media Mesir melaporkan, Kamis (24/11/2011). Ganzuri pernah menjadi Perdana Menteri Mesir pada 1996 hingga 1999 di bawah Presiden Hosni Mubarak.

Penunjukan Ganzuri sebagai perdana menteri itu dilakukan setelah kabinet sebelumnya, yang dipimpin Essam Sharaf, mengundurkan diri menyusul demonstrasi besar-besaran yang terjadi sejak akhir pekan lalu.

Surat kabar pemerintah Al-Ahram, seperti dikutip BBC, melaporkan, Ganzuri menerima penunjukannya untuk memimpin "pemerintah penyelamatan negara" setelah bertemu dengan pemimpin dewan militer Mohammed Hussein Tantawi.

Ketika pergolakan Mesir pecah pada awal 2011, Ganzuri menjaga jarak dengan rezim Hosni Mubarak yang kemudian jatuh. Saat ini dia juga dianggap sebagai salah satu calon kuat untuk menjadi presiden Mesir.

Dilahirkan pada 1933, Ganzuri awalnya menduduki jabatan menteri perencanaan dan kerja sama internasional. Kariernya terus menanjak hingga dia menjadi perdana menteri. Ganzuri dikenal sebagai tokoh yang berjasa merekatkan hubungan Mesir dengan Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com