Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selandia Baru Terus Pasok Produk Pangan Premium

Kompas.com - 24/11/2011, 21:40 WIB
Subur Tjahjono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Selandia Baru menyatakan berminat, untuk terus memasok sejumlah produk pangan premium ke Indonesia.

Permintaan akan produk makanan dan minuman asal Selandia Baru tinggi, karena Indonesia berkembang menjadi pasar yang membutuhkan produk berkualitas tinggi serta sehat.

"Kami sangat senang melihat perdagangan bilateral antara Indonesia dan Selandia Baru telah membuka kesempatan dan berkembang ke arah yang baru, terutama mengarah pada produk premium bernilai tambah seperti minyak alpukat, madu manuka, dan wine," kata Fiona Acheson, Atase Perdagangan Selandia Baru untuk Malaysia, Indonesia dan Brunei, dalam siaran pers yang diterima Kompas, di Jakarta, Kamis (24/11/2011).

Selama 10 tahun terakhir, peternak Selandia Baru telah menggunakan database elektronik untuk produksi peternakan dan pertanian, untuk memastikan kemudahan untuk pelacakan (traceability) dan kelestarian (sustainability).

Sektor agroteknologi Selandia Baru berada di depan dalam hal pengujian tanah, pengembangan spesies padang rumput, pengujian DNA, pengembangbiakan dan teknologi manajemen peternakan.

"Sebagai negara yang unggul di bidang teknologi, Selandia Baru telah meningkatkan standar di tingkat global dengan produk berkualitas tinggi dan mudah ditelusuri. Kami sangat yakin bahwa hal ini akan sangat menguntungkan pelanggan kami di Indonesia, yang mementingkan keamanan makanan," kata Fiona.

Selandia Baru adalah negara penyedia produk makanan dan minuman ke 180 negara, dan merupakan 15 negara pengekspor makanan dan bahan susu terbesar di dunia.

Selama lima tahun terakhir, ekspor Selandia Baru ke Indonesia telah tumbuh secara signifikan. Saat ini, Indonesia adalah negara tujuan ekspor ke-9 terbesar dengan nilai perdagangan sebesar NZD 870 juta (atau Rp 6,04 triliun), dengan nilai perdagangan bilateral antara kedua negara mencapai NZD1,50 miliar (atau Rp 10,4 triliun).

Angka perdagangan baru-baru ini menunjukkan bahwa produk susu mencapai dua per lima dari total ekspor untuk 2010-2011 atau total NZD 347,41 juta (Rp 2,4 triliun). Eskpor daging mencapai NZD 134,64 juta (Rp 940,2 miliar). (*/BUR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com