Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir Utang AS, Harga Emas Melonjak

Kompas.com - 23/11/2011, 07:41 WIB
Ester Meryana

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga emas berjangka mengalami kenaikan terbesar selama kurun waktu seminggu. Kekhawatiran yang meningkat akan krisis utang di Amerika Serikat dan Eropa memacu permintaan emas sebagai aset penyimpan nilai. Bahkan harga perak mengalami lonjakan terbesar selama 4 bulan.

Harga emas naik karena komite kongres AS gagal mencapai keputusan untuk mengurangi defisit anggaran. Ekuitas global pun merosot pada bulan ini karena peningkatan krisis kredit Eropa. Kepemilikan pelaku pasar atas produk yang diperdagangkan dengan emas melonjak mencapai sebuah rekor Senin (21/11/2011) waktu setempat.

"Ketidakpastian di sekitar pembicaraan defisit anggaran memberikan sentimen postif terhadap emas pada jangka panjang," ujar Sterling Smith, analis Country Hedging Inc. di St. Paul, Minnesota, kepada Bloomberg, Selasa (22/11/2011) waktu setempat. Sterling pun menyebutkan, analis melihat adanya peningkatan permintaan emas secara fisik.

Emas berjangka untuk pengantaran Desember naik 1,4 persen menjadi 1.702,4 dollar AS per troy ounce (setara dengan 31,1 gram) pada pukul 1:54 PM di Comex, New York. Ini merupakan pencapaian tertinggi sejak 11 November 2011. Sumber: Bloomberg

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com