Khawatir Utang AS, Harga Emas Melonjak

Kompas.com - 23/11/2011, 07:41 WIB
|
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga emas berjangka mengalami kenaikan terbesar selama kurun waktu seminggu. Kekhawatiran yang meningkat akan krisis utang di Amerika Serikat dan Eropa memacu permintaan emas sebagai aset penyimpan nilai. Bahkan harga perak mengalami lonjakan terbesar selama 4 bulan.

Harga emas naik karena komite kongres AS gagal mencapai keputusan untuk mengurangi defisit anggaran. Ekuitas global pun merosot pada bulan ini karena peningkatan krisis kredit Eropa. Kepemilikan pelaku pasar atas produk yang diperdagangkan dengan emas melonjak mencapai sebuah rekor Senin (21/11/2011) waktu setempat.

"Ketidakpastian di sekitar pembicaraan defisit anggaran memberikan sentimen postif terhadap emas pada jangka panjang," ujar Sterling Smith, analis Country Hedging Inc. di St. Paul, Minnesota, kepada Bloomberg, Selasa (22/11/2011) waktu setempat. Sterling pun menyebutkan, analis melihat adanya peningkatan permintaan emas secara fisik.

Emas berjangka untuk pengantaran Desember naik 1,4 persen menjadi 1.702,4 dollar AS per troy ounce (setara dengan 31,1 gram) pada pukul 1:54 PM di Comex, New York. Ini merupakan pencapaian tertinggi sejak 11 November 2011. Sumber: Bloomberg

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X