Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang 15 Juta Dollar AS Ditemukan di Mobil

Kompas.com - 23/11/2011, 06:46 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Tentara Meksiko bak mendapat lotere ketika menemukan uang tunai sebesar 15 juta dollar AS, perhiasan, dan narkoba di sebuah mobil di Tijuana, kantor berita AFP melaporkan, Rabu (23/11/2011).

Uang itu diduga milik salah satu gembong narkoba Meksiko, Departemen Pertahanan Meksiko dalam pernyataan mereka, Selasa (22/11/2011).

Menggelar temuan besar itu kepada media, pihak berwenang menyatakan keyakinan mereka bahwa uang itu akan dikirim ke sebuah rumah yang digunakan kelompok kriminal pimpinan Joaquin Guzman, atau yang lebih dikenal dengan nama "El Chapo", yang merupakan salah satu buron terbesar Meksiko.

Dalam operasi yang dilakukan pada Jumat (18/11/2011) itu tidak satu pun peluru yang ditembakkan dan tidak ada orang yang ditangkap. Bersama uang itu ditemukan juga 3 kilogram kokain dan sejumlah senjata. Ini merupakan tangkapan terbesar ketiga di negara itu.

Pada 2007, lebih dari 207 juta dollar AS ditemukan di sebuah rumah yang dipunyai Zhenli Ye Gon, seorang pebisnis China. Setahun kemudian, September 2008, tentara Meksiko menemukan uang tunai sejumlah 26,2 juta dollar AS di Culiacan, ibu kota negara bagian Sinaloa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com