Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Korsel Tenggelam, Tujuh Awak Hilang

Kompas.com - 22/11/2011, 22:27 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Tujuh awak kapal hilang, setelah kapal barang Bright Ruby milik Korea Selatan tenggelam di perairan Laut China Selatan, sekitar 350 mil laut (648,2 kilometer) sebelah selatan Hong Kong, Senin (21/11/2011). Hingga hari Selasa (22/11/2011), pencarian terhadap tujuh awak tersebut masih terus dilakukan.

Demikian diungkapkan Kementerian Luar Negeri Korsel, Selasa. Kapal barang curah seberat 15.000 ton itu berangkat dari Penang, Malaysia, menuju China, dan diduga terjebak cuaca buruk di tengah perjalanan. Empat belas awak, yang terdiri atas enam warga Korsel dan delapan warga Myanmar, berhasil diselamatkan kapal lain yang lewat di lokasi tenggelamnya kapal.

Namun, tujuh awak kapal lain, yang terdiri atas tiga warga Korsel dan empat warga Myanmar masih hilang. "Kami bekerja sama dengan otoritas Vietnam dan Hong Kong untuk mencari para awak yang hilang," tutur pejabat Kemenlu Korsel.

Petugas penyelamat Hong Kong mengerahkan beberapa helikopter untuk mencari para korban, sementara China membantu proses pencarian dengan mengirimkan dua kapal perang.

Kapal Bright Ruby pernah masuk pemberitaan pada 2008, saat dibajak di lepas Teluk Aden oleh para perompak Somalia. Kapal dan delapan awak dari Korsel akhirnya dibebaskan, setelah disandera selama 37 hari. (AFP/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com