Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Desak Mesir Izinkan Demonstrasi Damai

Kompas.com - 22/11/2011, 07:47 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Sekjen PBB Ban Ki-moon menyampaikan keprihatinan mendalam, Senin (21/11/2011), atas kekerasan di Mesir, dan meminta pemerintah negara itu menjamin hak melakukan demonstrasi damai.

"Ban sangat prihatin mengenai kekerasan di Mesir dalam beberapa hari terakhir, khususnya di Kairo", ujar juru bicara Ban, Martin Nesirky, saat Kairo memerangi demonstran yang meminta diakhirinya pemerintahan militer. Demonstrasi itu telah memasuki hari ketiga pada Senin.

"Ia menyesalkan kematian dan banyaknya orang yang terluka," kata pernyataan itu. Beberapa petugas di kamar mayat mengatakan, korban tewas bertambah menjadi 33 orang.

Nesirky mengatakan, Ban meminta pemerintah sementara Mesir untuk menjamin perlindungan hak asasi manusia dan kebebasan sipil bagi semua rakyat Mesir, termasuk hak untuk protes damai. "Ia meminta pengekangan diri dan ketenangan oleh semua pihak guna memungkinkan proses pemilihan damai dan inklusif sebagai bagian dari peralihan Mesir ke demokrasi dan pembentukan cepat pemerintahan sipil."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com