Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simpatisan Al Qaeda Ditangkap di New York

Kompas.com - 21/11/2011, 11:52 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Pihak berwenang Kota New York, AS, hari Minggu (20/11/2011) waktu setempat mengumumkan telah menangkap dan menahan seorang simpatisan gerakan Al Qaeda yang berencana mengebom polisi dan jaringan pelayanan pos di kota tersebut.

Komisaris Polisi Raymond Kelly mengatakan, simpatisan tersebut bernama Jose Pimentel (27). Pria asal Republik Dominika itu menjadi warga negara AS kemudian mengubah agamanya menjadi Islam dan mengikuti ajaran ekstremisme yang diusung Anwar Al-Awlaqi, tokoh jaringan Al-Qaeda di Jazirah Arab (AQAP), yang tewas dalam serangan udara AS di Yaman, akhir September.

Wali Kota New York Michael Bloomberg mengatakan, Pimentel beraksi sendirian dan tak terkait jaringan global Al Qaeda. Menurut Bloomberg, Pimentel berniat meledakkan bom dengan sasaran kantor polisi, mobil polisi, dan fasilitas pos serta para prajurit Angkatan Darat dan Marinir AS yang baru pulang dari medan perang.

Ia diketahui telah membuat tiga bom pipa, yang ia rakit senditi berdasarkan info yang diterbitkan di majalah online gagasan Al-Awlaki. Salah satu artikel di majalah itu berjudul "Bagaimana Membuat Bom di Dapur Ibumu".

Kelly menambahkan, polisi telah melacak gerak-gerik warga kawasan Schenectady, New York, itu, sejak 2009. Pimentel diketahui berniat mengubah namanya menjadi Osama Hussein, karena ia mengidolakan Osama bin Laden dan Saddam Hussein.

Ini adalah ancaman serangan ke-14 yang berhasil digagalkan di New York setelah serangan teroris pada 11 September 2001. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com