Saif Khadafy Akan Diadili di Libya

Kompas.com - 21/11/2011, 09:14 WIB
EditorEgidius Patnistik

TRIPOLI, KOMPAS.com - Saif al-Islam, putra Moammar Khadafy yang tertangkap, akan diadili di Libya meski ia diburu Pengadilan Kejahatan Internasional, demikian diumumkan Dewan Transisi Nasional (NTC), Minggu (20/11/2011).

"Keputusannya adalah ia akan diadili pengadilan Libya. Itu masalah kedaulatan nasional," kata wakil ketua NTC dan juru bicara resmi Abdel Hafiz Ghoga pada jumpa pers. Ghoga, yang mengonfirmasi pernyataan sebelumnya oleh menteri kehakiman sementara Libya mengenai tempat persidangan itu, mengatakan bahwa Saif, yang ditangkap Sabtu di Libya selatan, memperoleh "perlindungan yang memadai".

Moammar Khadafy, Saif (39), dan kepala keamanan Khadafy serta saudara iparnya, Abdullah al-Senussi (62), menjadi buron utama setelah rejim Khadafy terguling. Mereka diburu Pengadilan Kejahatan Internasional (ICC) dengan tuduhan kejahatan atas kemanusiaan, yang dilakukan setelah meletusnya pemberontakan yang menentang pemerintah Khadafy pada pertengahan Februari. ICC mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap ketiga orang itu pada 27 Juni. Sejumlah pejabat NTC dan militer mengatakan, Abdullah al-Senussi ditangkap di daerah Al-Guira di Libya selatan pada Minggu, sehari setelah penangkapan Saif.

Saif al-Islam diburu ICC dalam kaitan dengan kejahatan atas kemanusiaan yang mungkin dilakukan selama penumpasan terhadap pemrotes Libya. Pada akhir Oktober, seorang jaksa mengatakan, ICC melakukan "kontak informal" dengan Saif melalui perantara. "Melalui perantara, kami melakukan kontak informal dengan Saif," kata jaksa ICC, Luis Moreno-Ocampo, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di kantor pusat pengadilan itu di Den Haag, Jumat (28/10).

"Kantor jaksa menegaskan bahwa jika ia menyerah kepada ICC, ia memiliki hak untuk didengar kesaksiannya di pengadilan, ia tidak bersalah sampai terbukti bersalah," kata Moreno-Ocampo. "Hakim yang akan memutuskan."

Pengumuman ICC mengenai kontak informal dengan Saif itu disampaikan di tengah meningkatnya keresahan internasional berkaitan dengan kondisi tidak jelas seputar kematian Khadafy yang tampaknya dieksekusi, setelah kota asalnya Sirte dikuasai pasukan NTC pada (20 Oktober 2011. Sejumlah pihak telah meminta penyelidikan dilakukan untuk mengetahui kebenaran seputar kematian Khadafy.

Para pejabat NTC mengatakan, Moammar Khadafy tewas selama pertempuran untuk menguasai kota tempat asalnya, Sirte. Namun, beberapa negara besar Barat yang mendukung pemberontak Libya menguasai Tripoli mengatakan, mereka masih mencari konfirmasi mengenai kebenaran berita itu.

Khadafy menjadi buron sejak NTC menguasai ibu kota Libya, Tripoli, pada Agustus, dan ia berhasil menghindari penangkapan meski pasukan NTC memperoleh sejumlah petunjuk mengenai lokasinya. Ia berulang kali melontarkan janji-janji untuk melanjutkan perang, ketika semakin banyak negara mengakui NTC sebagai pemerintah yang berkuasa di Libya.

Khadafy (68 tahun), yang merupakan pemimpin terlama di dunia Arab dan telah berkuasa selama empat dasawarsa, bersikeras akan tetap berkuasa meski ia ditentang banyak pihak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.