Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interpol Puji Penangkapan Putra Khadafy

Kompas.com - 20/11/2011, 09:06 WIB

PARIS, Kompas.com - Interpol memuji penangkapan putra mantan pemimpin Libya Moammar Khadafi yang pernah disebut-sebut sebagai calon pewarisnya, Saif al-Islam, sebagai "tonggak bersejarah" bagi negara Afrika utara itu.

Dalam sebuah pernyataan, Sekjen Interpol Ronald K Noble mengatakan, penangkapan Saif al-Islam, 39, yang diumumkan oleh pemimpin baru Libya, Sabtu (19/11/11), adalah "langkah penting ke depan dalam pemberian keadilan pada rakyat Libya".

Putra mantan pemimpin Libya, yang dirinya sendiri tewas setelah penangkapannya bulan lalu, merupakan sasaran surat perintah penangkapan Interpol yang dikeluarkan atas permintaan Pengadilan Kejahatan Internasional (ICC).

"Penangkapan Saif al-Islam hari ini merupakan tonggak bersejarah penting bagi Libya baru," kata Noble.

"Khadafy ditahan tidak hanya menunjukkan bahwa mereka tidak dapat melarikan diri selamanya, tapi juga pesan jelas pada rakyat Libya dan warga di sekeliling dunia bahwa Dewan Transisi Nasional akan terus mengejar orang-orang yang dituduh melakukan kejahatan dan membawa mereka ke depan pengadilan agar supaya mereka dapat menanggapi tuduhan terhadap mereka," katanya menambahkan.

Noble mengatakan ia dan kepala jaksa ICC Luis Moreno-Ocampo minta pada semua anggota lingkaran dalam Khadafy yang masih bebas dalam pelarian untuk menyerahkan diri mereka.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com