Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Ledakan Bom Mengusik Ambon

Kompas.com - 19/11/2011, 21:34 WIB
M.Latief

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Teror bom yang dilakukan orang tak dikenal kembali mengguncang Kota Ambon, Sabtu (21.45) WIT. Namun, ledakan besar di Jalan Philip Latumahina itu tidak menimbulkan korban jiwa.

"Polisi sedang melakukan penyelidikan intensif terhadap tersangka yang sengaja melakukan teror dengan meledakkan bom rakitan di Jalan Philip Latumahina," kata Kapolek Sirimau, AKP Christian, di lokasi kejadian.

Modus operandi dari tindakan peledakan bom ini belum diketahui secara pasti. Namun, aparat kepolisian menduga ada oknum-oknum tertentu yang sengaja ingin memperkeruh suasana masyarakat di Ambon.

Suara ledakan bom rakitan ini terdengar cukup jauh, meskipun TKP ada di pusat kota. Masyarakat yang berada dalam radius 3-4 kilometer mampu mendengar bunyi ledakan tersebut.

Menurut Kapolsek, walaupun tindakan tidak terpuji ini ingin memancing keributan, warga tampak tidak terpengaruh. Warga tetap melakukan aktivitas seperti bersilaturahim ke rumah-rumah kerabat dan teman yang sedang merayakan selamatan setelah wisuda sarjana di Universitas Pattimura, Ambon.

Saat ini satuan Gegana Polda Maluku yang dilengkapi peralatan dan mobil penjinak bom juga terlihat di TKP. Gegana melakukan pemeriksaan secara teliti, termasuk mengumpulkan serpihan-serpihan bom untuk diselidiki.

"Kami juga masih menyelidiki apakah bahan peledak ini sengaja diletakkan ataukah dilemparkan oleh pengendara kendaraan bermotor seperti modus yang dilakukan bulan lalu pada beberapa titik di Ambon. Polisi masih mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi di sekitar lokasi ledakan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com