Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Bah Sudah "Kabur" dari Pusat Kota Bangkok

Kompas.com - 19/11/2011, 17:21 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Jaminan terbaru dari Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra adalah pusat kota Bangkok sudah terbebas dari air bah. Warta laman Bangkok Post pada Sabtu (19/11/2011), menyatakan hal itu.

Data Departemen Irigasi, kata Yingluck, menunjukkan tiap hari 63 juta kubik air sudah mengalir menuju saluran-saluran pembuangan. Alhasil, kawasan utara Kota Bangkok sudah kering. "Setelah tak ada lagi genangan, pemerintah dengan cepat merealisasikan program rekonstruksi," imbuh Yingluck.

Sementara itu, Gubernur Bangkok Sukhumbhand Paribatra pun menjanjikan kalau seluruh kota Bangkok akan bebas dari genangan banjir pada Sabtu (31/12/2011). "Ini hadiah tahun baru bagi warga Bangkok," kata Sukhumbhand optimistis.

Perubahan musim ekstrem dengan tingkat curah hujan teramat tinggi membuat banjir bandang menggenangi tiga perempat wilayah Thailand. Air bah tersebut adalah yang terburuk sejak 60 tahun ke belakang.

Buat kota Bangkok sendiri, banjir memang menyengsarakan 10 juta warganya sejak pertengahan Juli 2011. Namun, perlahan tapi pasti, air banjir sudah mengalir ke Teluk Thailand.
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com