Urus Keamanan, Sudan Selatan Dekati Uganda

Kompas.com - 18/11/2011, 17:30 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Warga Sudan Selatan tampaknya belum bisa tidur lelap lantaran problem kekerasan di perbatasan masih mengemuka. Untuk satu alasan itulah, Presiden Sudan Selatan Salva Kiir sejak kemarin berkunjung ke Uganda.

Menurut warta Xinhua, Presiden Uganda Yoweri Museveni menyambut Kiir di Wisma Entebbe, sekitar 40 kilometer sebelah selatan ibu kota Uganda, Kampala. "Isu utama adalah pelaksanaan Perjanjian Perdamaian Menyeluruh (CPA) antara Sudan Selatan dan Sudan," kata Menteri Negara Uganda untuk Urusan Internasional Uganda Okello Oryem.

Sebagaimana warta sebelumnya, CPA menjadi ujung berakhirnya perang sipil selama dua dasawarsa sejak 2005 antara Tentara Pembebasan Rakyat Sudan (SPLA) di selatan dan Pemerintah Sudan. Di dalam CPA juga termaktub soal referendum Sudan Selatan pada Juli tahun lalu. Hasil referendum itu memunculkan negara baru bernama Sudan Selatan. Negara anyar ini menjadi negara ke-54 di "Benua Hitam". Ironisnya, meski sudah berpisah, bibit pertikaian masih ada di antara kedua negara.

Ikut serta mendampingi Kiir adalah Menteri Pertahanan dan Urusan Veteran Jenderal John Kong dan Kepala Staf Jenderal SPLA James Hoth. Dalam hubungan antara kedua negara, Uganda terbilang menjadi pihak yang ikut membantu terwujudnya perdamaian dimaksud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.