Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teroris Neo-Nazi Terlibat 10 Pembunuhan

Kompas.com - 15/11/2011, 14:53 WIB

BERLIN, KOMPAS.com Dua tersangka yang diyakini anggota sel teroris neo-Nazi yang terlibat dalam pembunuhan setidaknya 10 orang, sebagian besar asal Turki dan Yunani, telah ditangkap, kata para jaksa Jerman, seperti dilaporkan CNN, Selasa (15/11/2011).

Dalam sebuah video, yang tampaknya hendak dikirim ke media Jerman, para tersangka teroris itu mengklaim telah membunuh delapan orang etnis Turki, seorang etnis Yunani, dan seorang perwira polisi antara tahun 2000-2007, kata jaksa. Serangan-serangan itu terjadi di seluruh Jerman dan dikenal sebagai "Serial Pembunuhan Doener". Hingga pada penangkapan mereka, polisi tidak mengira serial pembunuhan itu dilakukan oleh orang yang sama.

Majalah Jerman, Der Spiegel, melaporkan, ekstremis sayap kanan itu juga mengklaim dalam video itu bertanggung jawab untuk sejumlah perampokan bank dan serangan bom paku di Cologne tahun 2004, yang menghancurkan sebuah jalan yang dihuni umumnya warga Turki dan Kurdi.

Menteri Dalam Negeri Jerman, Hans-Peter Friedrich, Senin, mengatakan, "Sepertinya kami sedang menghadapi bentuk baru terorisme dari ekstremis sayap kanan."

Menurut para ahli, pihak berwenang Jerman sebelumnya tidak percaya ada sel organisasi terorisme sayap kanan yang aktif dan beroperasi di Jerman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com