Suriah Protes Liga Arab

Kompas.com - 14/11/2011, 18:14 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Suriah akhirnya melakukan protes lantaran pembekuan keanggotaannya di Liga Arab. "Keputusan Liga Arab untuk membekukan keanggotaan Suriah adalah langkah sangat berbahaya bagi aksi bersama Arab saat ini dan di masa depan," tegas Menteri Luar Negeri Suriah Walid al-Moualem sebagaimana warta AP dan AFP, Senin (14/11/2011).

Walid al-Moualem mengatakan, Suriah tidak akan berpindah tempat dari hal yang dia sebut sebagai posisi-posisinya kuatnya. Dia juga mengatakan, semua persekongkolan terhadap Suriah akan gagal. "Kami memiliki bukti bahwa keputusan membekukan Suriah ditentukan sebelumnya," tuturnya.

Menteri Luar Negeri Suriah mengatakan, sikap resmi Washington yang menyambut keputusan Liga Arab membekukan keanggotaan Suriah hampir sama dengan hasutan.

Walid al-Moualem juga menyatakan keyakinan Rusia dan China akan terus berupaya menghadang upaya Barat di PBB untuk mengecam penumpasan terhadap pengunjuk rasa.

Menurutnya, intervensi militer Barat tidak akan terjadi. "Skenario ala Libya tidak akan terulang," tegasnya dalam konferensi pers di Damaskus.

Pernyataan Menteri Luar Negeri Suriah ini dikeluarkan ketika para menteri luar negeri negara-negara Eropa menghadiri pertemuan di Brussels untuk membicarakan pengetatan sanksi kepada Suriah terkait penumpasan demonstrasi antipemerintah di negara itu.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton mendukung pembekuan keanggotaan Suriah di Liga Arab. "Bagi saya, sangat jelas kita harus bekerja sama dengan Sekjen Liga Arab Nabil Elaraby bahwa Liga Arab harus menempuh sikap yang tegas dan menegaskan kepada Suriah, melalui kontak reguler, apa yang perlu dilakukan. Kita harus memperhatikan situasi ini dengan sangat cermat," jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Perancis Alain Juppe mengatakan, pihaknya berharap Dewan Keamanan PBB pada akhirnya akan menentukan sikap. Liga Arab membekukan keanggotaan Suriah dalam pertemuan menteri luar negeri di Kairo, Mesir, pada Sabtu (12/11/2011).

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X