Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oman Air Pesan 6 Unit Boeing 787 Dreamliner

Kompas.com - 14/11/2011, 18:13 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Produsen pesawat Boeing, pada hari Senin (14/11/2011) kembali mendapatkan pesanan pesawat yakni atas Boeing 787 Dreamliner di Dubai Airshow. Pesanan itu hanya sehari setelah memecahkan rekor penjualan terbesar yakni 50 unit pesawat berbadan lebar Boeing 777.

Maskapai Oman Air dan Boeing, dikutip dari Associated Press, Senin ini menjelaskan, bahwa maskapai itu telah memesan enam unit Boeing 787 Dreamliner.

Meski demikian, baik Oman Air maupun Boeing tidak merilis nilai dari pembelian tersebut. Hanya saja dari daftar harga, dapat diketahui satu unit Boeing 797 bernilai 193,5 juta dollar Amerika Serikat, meski maskapai seringkali meminta diskon.

Keputusan untuk memesan Boeing 787 adalah merupakan bagian dari strategi jangka panjang untuk memodernisasi maskapai kami, dengan pesawat yang baru dan lebih hemat bahan bakar, kata CEO Oman Air, Peter Hill.

Oman Air, merupakan maskapai nasional milik Kesultanan Oman, yang bermarkaskan di bagian selatan dari Semenanjung Arab. Maskapai itu, didirikan tahun 1993, meski kini jauh lebih kecil dari maskapai Emirates maupun Qatar Airways.

Qatar Airways sendiri, telah menandatangani pembelian 30 unit pesawat Boeing 787 Dreamliner, dengan hak untuk kembali membeli 30 unit pesawat sejenis.

Sementara itu, maskapai Nippon Airways telah mengoperasikan Boeing Dreamliner pertama pada bulan lalu, meski sesungguhnya terlambat dari jadwal. Pesawat baru itu, dibangun dari bahan komposit yang lebih ringan, dan dijanjikan 20 persen lebih hemat bahan bakar dari pesawat sejenis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com