5 Perusahaan TI yang 'Terendam' Banjir Thailand

Kompas.com - 14/11/2011, 15:32 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Banjir di Thailand jadi hantaman cukup keras bagi industri teknologi informasi (TI) global. Pemantauan Kompas.com di beberapa lokasi di Jakarta menunjukkan kenaikan harga produk TI mulai terasa.

Terutama, yang paling kena dampak adalah harga hard disk yang melonjak. Akibat harga hard disk naik, harga PC pun ikut-ikutan terangkat.

Berikut adalah lima perusahaan TI yang terkena dampak banjir tersebut:

  • LSI - LSI Corp mengaku penjualan hard drive-nya bakal melorot 10% karena banjir. Kantor divisi pengemasan dan pengujian perusahaan itu juga terkena banjir.
  • Digi International - Pabrik Digi International Inc. terendam banjir. Alhasil, produksi produsen chip ini terhenti. Saat ini, DIGI sedang menghitung nilai kerugian akibat banjir ini. Yang jelas, DIGI mengatakan, banjir akan menekan pendapatan dan margin kotornya pada kuartal pertama 2012.
  • Lenovo Group - Lenovo Group Ltd. akan kesulitan pasokan hard disk hingga kuartal pertama tahun depan.
  • Fujitsu - Fujitsu Ltd mengatakan banjir telah menganggu pasokan hard disk. Perusahaan IT terbesar di Jepang ini mengatakan, pasokan itu akan menganggu penjualan PC pada Oktober hingga Desember mendatang.
  • Canon - Canon Inc. akan menutup pabriknya di Thailand. Produsen kamera terkemuka ini juga telah memangkas proyeksi keuntungannya tahun ini. Akibat banjir ini, Canon akan memangkas angka penjualan sebesar 657 juta dollar AS dan keuntungan sebesar 20 juta yen.

(KONTAN/Reuters)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.