HRW Tuding Suriah Lakukan Kejahatan Kemanusiaan

Kompas.com - 11/11/2011, 21:25 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Organisasi Human Right Watch (HRW) menuduh militer Suriah di kota Homs melakukan tindak kejahatan terhadap kemanusiaan. "Tentara menyiksa dan membunuh secara semena-mena," kata HRW dalam pernyataannya.

Seturut warta AP dan AFP pada Jumat (11/11/2011), HRW juga mengatakan kalau Liga Arab mesti membekukan keanggotaan Suriah di liga tersebut. "Liga Arab harus mendukung Dewan Keamanan (DK) PBB mengakhiri pembunuhan besar-besaran," imbuh HRW.

Direktur HRW Timur Tengah Sarah Leah Whitson mengatakan catatan HRW masih merupakan sebagian kecil dari banyaknya kasus kebrutalan pemerintah Suriah. Menurutnya, Liga Arab mesti menekan Suriah menyepakati perjanjian di dalam Liga Arab.

Laporan HRW menyebutkan ada pelanggaran HAM secara sistemik. Lembaga itu juga mencantumkan kesaksian tindakan penyiksaan yang dilakukan tentara Suriah.

Video

Sementara itu, menurut mantan penasihat presiden Suriah yang kini menjadi redaktur buletin online, Ayman Abdel Nour, laporan ini seharusnya menjadi pegangan Liga Arab untuk mengambil tindakan terhadap Suriah. "Laporan setebal 68 halaman ini penuh dengan nama-nama orang dan didokumentasikan dalam rekaman video," kata Nour.

"Juga berisi kesaksian orang-orang yang mengalami penyiksaan, orang-orang yang anggota keluarganya diculik oleh intelijen Suriah atas perintah langsung presiden," lanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi laporan ini akan mendukung kasus terhadap Suriah dalam pertemuan Liga Arab hari Sabtu mendatang," kata Nour.

HRW mengatakan hampir 700 orang tewas di Homs sejak April. Homs menjadi pusat perlawanan terhadap pemerintah pimpinan Presiden Bashar al-Assad.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.