Masuk WTO, China Perkasa

Kompas.com - 11/11/2011, 16:11 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Sepuluh tahun sudah China menjadi anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Hasilnya, China menjadi perkasa di bidang ekonomi.

Xinhua pada Jumat (11/11/2011) mewartakan, sepuluh tahun silam resmi menjadi anggota ke-143 WTO. Kala itu, ada pertemuan tingkat menteri di Doha, Qatar.

Kini, China menjadi negara perekonomian terbesar kedua di dunia. Sementara China adalah nomor satu di bidang ekspor. 

Selama sepuluh tahun ke belakang, nilai perdagangan internasional China menanjak di posisi 30 triliun dollar AS. Angka ini adalah pertumbuhan 140 persen ketimbang 2001. "Masuknya China ke WTO tak hanya membuat perubahan signifikan bagi negeri itu, tapi juga memberikan keuntungan bagi seluruh anggota WTO," puji Direktur Jenderal WTO Pascal Lamy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.