Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Maps Dibobol, Bisa Jalan di "Gadget" Lain

Kompas.com - 11/11/2011, 11:30 WIB

KOMPAS.com — Perangkat seperti Nokia Lumia 800 dan handset Nokia lainnya punya beberapa keunggulan. Salah satu yang banyak diakui kehebatannya adalah aplikasi Nokia Maps.

Seharusnya Nokia Maps dan aplikasi khas Nokia lain, seperti Nokia Music, hanya bisa diakses melalui perangkat Nokia. Dengan demikian, handset Nokia punya pembeda dibandingkan handset Windows Phone sejenis dari produsen lainnya.

Namun, seperti dilaporkan oleh TheRegister, kedua aplikasi itu sudah dibobol oleh pihak ketiga. Akibatnya, file XAP yang dibutuhkan untuk memasang dan menjalankannya bocor ke internet. Parahnya lagi, pelaku sempat menunjukkan aplikasi khas Nokia itu berjalan di atas perangkat non-Nokia.

Tentunya, saat ini pengguna awam butuh pengetahuan teknis lebih untuk bisa memasang dan menjalankan file XAP tersebut. Salah satu "peluang" yang terbuka adalah memanfaatkan layanan jailbreak ChevronWP7 yang dihargai 9 dollar AS per tahun. Itu pun belum tentu mudah bagi pengguna biasa.

Apakah bobolnya Nokia Maps dan Music ini berarti Nokia akan kehilangan salah satu keunggulannya dibandingkan produsen handset Windows Phone lainnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com