Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI Kembali Gelar Latihan di Urut Sewu Kebumen

Kompas.com - 10/11/2011, 13:29 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

KEBUMEN, KOMPAS.com- Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali menggelar latihan menembak di Kawasan Urut Sewu, Kecamatan Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pelaksanaan latihan yang dilakukan 100 personel dari Pusat Persenjataan Arhanud Bandung tersebut berlangsung lancar.

Kepala Perwakilan Kantor Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI AD Mayor Kusmayadi, Kamis (10/11/2011), mengatakan, senjata yang diujicobakan sejak Rabu kemarin yakni jenis meriam 57 RBS sebanyak tujuh unit. Pihak Dislitbang TNI AD di Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren telah menyiapkan perlengkapan jauh-jauh hari sebelumnya.

"Termasuk kami telah menginformasikan kepada masyarakat setempat tentang latihan yang diadakan di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal kemarin," tuturnya.

Dalam ujicoba senjata, meriam meluncurkan tembakan tersebut ke arah timur dengan jarak maksimal hingga 20-25 kilometer. Selain menembak, digelar pula simulasi pesawat. Latihan tersebut rencananya dihadiri Komandan Pusat Persenjataan Arhanut Bandung, Brigjen Eryanto.

Menurut Kusmayadi, latihan uji coba senjata TNI itu merupakan kegiatan rutin tahunan. Karena itu, pelaksanaan kegiatan tersebut wajib dilaksanakan.

Terkait penolakan sejumlah petani Setrojenar yang sempat berujung pada kasus kekerasan pada April lalu, kata Kusmayadi, pihaknya terus melakukan pendekatan persuasif. Dia berprinsip, kegiatan latihan perang tidak akan mengganggu masyarakat setempat karena biasanya hanya berlangsung 1-2 hari.

Pada kasus terakhir, enam petani terpaksa dipenjara hingga enam bulan setelah terlibat perusakan fasilitas TNI AD dan pemukulan terhadap warga Ambal yang mengantarkan makanan kepada prajurit TNI yang sedang latihan. Keenam petani tersebut saat ini sudah bebas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com