Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

19 PSK dan 2 Karung Ganja di Penjara

Kompas.com - 09/11/2011, 14:15 WIB

ACAPULCO, KOMPAS.com - Polisi Meksiko mendapat kejutan ketika merazia sebuah lembaga pemasyarakatan (lapas) di Acapulco. Sebab mereka menemukan banyak hal tak terduga.

Di lapas itu mereka menemukan dua burung merak, 100 ekor ayam petarung, dua karung ganja, dan yang paling mengejutkan 19 orang perempuan pekerja seks.

Para narapidana juga berhasil menyelundupkan 100 pesawat televisi, sejumlah botol minuman beralkohol dan pisau. Polisi juga menemukan enam narapidana perempuan berada di blok narapidana lelaki.

Juru bicara pemerintah negara bagian Guerrero, Arturo Martinez, mengatakan razia itu merupakan operasi gabungan kepolisian federal dan negara bagian.

Operasi yang melibatkan 500 polisi itu digelar semalaman, dari Minggu (6/11/2011) malam hingga Senin (7/11/2011) pagi. Martinez menjelaskan, operasi itu juga untuk memindahkan 60 narapidana ke lapas dengan tingkat pengamanan maksimum, jelas Martinez.

"Kami sedang menyelidiki siapa yang bertanggung jawab akan hal ini," kata Martinez.

Korupsi bukanlah praktik baru di lapas-lapas Meksiko. Hal itu dipicu kondisi lapas yang penuh sesak. Kondisi itu juga menyebabkan seringnya terjadi pemberontakan dan pembunuhan di lapas.

Tingkat pembunuhan di Guerrero, tempat Acapulco berada, menduduki peringkat tiga di Meksiko, setelah Chihuahua dan Nuevo Leon.

Tak kurang dari 1.348 orang terbunuh dalam kurun waktu Januari hingga September 2011, harian Reforma melaporkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com