Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusui Bantu Program Pelangsingan

Kompas.com - 09/11/2011, 10:06 WIB

KOMPAS.com - Pemberian ASI eksklusif selain bermanfaat untuk bayi, ternyata juga memberi keuntungan tersendiri bagi si ibu. Penelitian menunjukkan, pemberian ASI eksklusif turut berkontribusi dalam membantu menurunkan berat badan.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 25.000 perempuan dengan mengukur berapa lama dan seberapa sering wanita menyusui. Setiap wanita menerima skor menyusui. Hasil penelitian menunjukkan, perempuan dengan skor menyusui lebih tinggi, lebih mungkin untuk menurunkan berat badan setelah enam bulan pasca melahirkan.

Peneliti menyimpulkan bahwa wanita yang memberikan ASI secara eksklusif cenderung akan kehilangan semua berat akibat kehamilan setelah enam bulan. Mereka juga memperkirakan, wanita yang memberi ASI lebih mungkin mengalami penurunan berat badan sebanyak 2 kilogram (4,4 pon) ketimbang wanita yang tidak memberikan ASI selama enam bulan pascamelahirkan.

Seluruh relawan direkrut oleh dokter pribadi selama kunjungan pranatal pertama dan diwawancarai sebanyak empat kali - dua kali selama kehamilan, enam bulan setelah melahirkan dan 18 bulan setelah melahirkan. Mereka menjawab pertanyaan terkait berat badan dan bagaimana mereka memberi makan bayi.

Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition ini memberi satu lagi alasan bagi Anda betapa besarnya manfaat yang dapat diperoleh dari pemberian ASI kepada sang buah hati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com