Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Afganistan Tembak Tiga Tentara Australia

Kompas.com - 09/11/2011, 08:38 WIB
Pascal S. Bin Saju

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com — Seorang tentara Afganistan, Rabu (9/11/2011), ditahan setelah menembak dan melukai tiga tentara Australia. Tiga korban terkena luka tembak serius, tapi semuanya dalam kondisi stabil.

"Mereka ditembak oleh seorang tentara Angkatan Darat Nasional Afganistan di Charmistan, Provinsi Uruzgan, pada Selasa sore," kata sumber di Departemen Pertahanan Australia.

Dalam sebuah insiden, dua tentara Afganistan juga terluka. Insiden itu terjadi kurang dari dua minggu setelah seorang tentara Afganistan menewaskan tiga warga Australia dan melukai tujuh lainnya ketika ia melepaskan tembakan saat parade di Provinsi Kandahar.

"Terlalu dini untuk berspekulasi bahwa dua insiden itu terkait," kata Panglima Daud Hurley kepada wartawan di Sydney.

Ia menekankan bahwa tidak mudah menjelaskan ada atau tidak keterkaitan antara kejadian itu dan insiden sebelumnya. "Kita masih perlu mencari keterangan lebih dalam, menggali lebih lanjut," tambahnya, ketika ditanya apakah dia tahu motifnya.

Penembakan terakhir terjadi hanya beberapa hari setelah Perdana Menteri Australia Julia Gillard mengunjungi Afganistan. Kunjungan itu berlangsung singkat. Dia bertemu pasukannya di Uruzgan, provinsi paling begolak di wilayah selatan.

Australia memiliki 1.550 tentara yang ditempatkan di negara itu. Sekitar 32 tentaranya telah tewas dalam konflik. Tentara Australia pertama kali dikerahkan ke Afganistan pada akhir 2001 sebelum ditarik keluar pada tahun 2002. Mereka kembali untuk perang pada tahun 2005 dan telah melatih tentara Afganistan di Uruzgan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com