Pariwisata Thailand Tak Lagi Kebanjiran Duit

Kompas.com - 08/11/2011, 13:57 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Gubernur Otoritas Pariwisata Thailand (TAT) Suraphon Svetasreni mengeluarkan data terbaru terkait bencana banjir di negerinya. Air bah, katanya, membuat pariwisata Thaliand merugi bertahap hingga 825 juta dollar AS.

Menurut warta Xinhua dan Bangkok Post pada Selasa (8/11/2011), andai banjir surut pada akhir November, kerugian mencapai 520 juta dollar AS. Rinciannya, pariwisata domestik menyumbang kerugian 245 juta dollar AS. Sementara pariwisata internasional yang datang ke Negeri Gajah Putih kehilangan duit 275 miliar dollar AS.

Kondisi makin parah terjadi kalau banjir surut pada akhir Desember tahun ini. "Pariwisata Thailand merugi 825 juta dollar AS," ujar Svetasreni.

Ia melanjutkan, rincian kerugian pada akhir Desember 2011 adalah pariwisata domestik kehilangan uang 438 juta dollar AS. Lalu, fulus pariwisata internasional untuk Thailand raib 387 dollar AS.

Kawasan wisata yang tergerus fulusnya lantaran banjir adalah provinsi-provinsi tengah Thailand sepanjang Sungai Chao Phraya, termasuk Bangkok dan Ayutthaya. Sementara resor-resor wisata di Hua Hin, Pattaya, dan Phuket sudah disiapkan oleh Pemerintah Thailand untuk menerima lebih banyak turis. Ketiga kawasan itu relatif terbebas dari banjir.

Lebih lanjut, Suraphon Svetasreni mengatakan, Thailand menepis asa kedatangan 1,5 juta turis asal China. Pasalnya, sampai dengan akhir 2011, wisatawan asal China yang berkunjung jumlahnya paling banter 1,2 juta orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.