Gempa Berkekuatan 6,8 SR Guncang Okinawa

Kompas.com - 08/11/2011, 12:04 WIB
EditorEgidius Patnistik

TOKYO, KOMPAS.com Gempa berkekuatan 6,8 skala Richter (SR) mengguncang perairan Pulau Okinawa, Jepang, Selasa (8/11/2011). Namun, tidak ada kekhawatiran mengenai tsunami, kata lembaga AS dan Jepang.

Gempa itu terjadi di Laut China Timur, 218 kilometer di barat Naha, Prefektur Okinawa, kata Survei Geologi AS. Sumber gempa ada di kedalaman 222 kilometer.

Tidak ada laporan segera mengenai korban cedera atau adanya kerusakan akibat gempa yang terjadi pada pukul 11.59 waktu setempat.

Jepang, yang terletak di persimpangan empat lempeng tektonik, mengalami 20 persen dari gempa terkuat yang tercatat di bumi setiap tahun. Bencana tsunami pada 11 Maret mengakibatkan sekitar 22.000 orang tewas atau hilang, dan memicu krisis nuklir di pembangkit listrik tenaga nuklir Daiichi di Fukushima, di timur laut negara itu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X