Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tongkang Nyaris Tenggelam, 17 ABK Diselamatkan

Kompas.com - 07/11/2011, 13:56 WIB
Iwan Santosa

Penulis

TANJUNG BALAI, KOMPAS.com - Sebanyak 17 Anak Buah Kapal (ABK) KM Win 2 yang nyaris tenggelam di Selat Durian di dekat Tanjung Balai, Kepulauan Riau, diselamatkan patroli TNI AL.

Kepala Dinas Penerangan Armada Barat Letkol (Laut) Agus Cahyono menjelaskan, Senin (7/11/2911), KM Win 2 yang sedang menarik tongkang mengalami kebocoran dan tenggelam di tengah cuaca buruk.

"Kecelakaan laut tersebut terjadi pada posisi 00 31 82 LU - 103 40 07 BT di sekitar Selatan Pulau Mendol antara KM. Win-2 dengan Tongkang Nelly-56 yang ditarik TB, Nelly-31. KM Win-2 yang berlayar dari Belawan dengan tujuan Palembang mengalami kebocoran akibat tersenggol Tongkal Nelly-56, disebabkan karena cuaca buruk," kata Agus. 

Kapal KM. Win-2 yang dinahkodai Amran Rusli dengan 17 belas orang anak buah kapal pada saat kejadian sedang mengangkut muatan pupuk, mengakibatkan kapal tersebut hampir tenggelam akibat kerusakan setelah senggolan tersebut.

Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Buru dan Patkamla Pos Pengamat Pembantu Angkatan Laut Durai dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun setelah mengetahuhi kejadian tersebut segera melakukan Search and Rescue (SAR) ke lokasi kejadian.

Agus menerangkan, KM. Win-2 berhasil ditemukan tim SAR dan langsung memberikan pertolongan berupa pemberian alat las untuk mengatasi kebocoran yang terjadi. Selanjutnya kapal melaksanakan perbaikan sehingga Nahkoda dan seluruh Anak Buah Kapal tersebut dapat diselamatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com