Ribuan Peziarah Ambil Air Suci Sunan Kalijaga

Kompas.com - 06/11/2011, 11:58 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

DEMAK, KOMPAS.com — Ribuan peziarah dari sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur berziarah ke makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Minggu (6/11/2011). Mereka berdesak-desakan untuk mendapat air suci Sunan Kalijaga.

Tradisi mengambil air suci itu merupakan bagian dari Grebeg Besar Demak yang dipuncaki dengan penjamasan pusaka Sunan Kalijaga berupa Kutang Ontokusuma dan keris Kyai Crubuk setiap tanggal 10 Zulhijah atau bertepatan dengan hari raya Idul Adha. Tradisi itu dilakukan setelah kasepuhan atau ahli waris Sunan Kalijaga menjamas kedua pusaka di dalam cungkup makam Sunan Kalijaga.

Suharno (45), peziarah asal Jawa Timur, mengaku setiap tahun mengikuti Grebeg Besar. Tujuannya adalah berziarah ke makam Sunan Kalijaga untuk mendapat berkah dari Sunan Kalijaga.

"Saya ingin berdoa kepada Allah melalui Sunan Kalijaga agar keluarga mendapat keselamatan dan berkah hidup," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.