Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muslim China Sambut Idul Adha, Harga Domba Hampir Rp 5 Juta

Kompas.com - 05/11/2011, 17:35 WIB
Subhan SD

Penulis

KASHGAR, KOMPAS.com - Kaum Muslim di kota Kashgar, Daerah Otonom Xinjiang, China, tampak antusias menyambut Idul Adha, yang jatuh pada Senin (7/11/2011) lusa.

Hari Sabtu (5/11/2011), warga muslim yang umumnya etnik Uyghur mulai melakukan berbagai persiapan, antara lain rencana keluarga untuk berkumpul bersama.

Wartawan Kompas M. Subhan SD dari Kashgar, Xinjiang, China melaporkan, kesibukan lain yang terlihat kentara adalah penjualan hewan ternak untuk kurban. Pasar-pasar ternak dibanjiri penjual kambing atau domba dan warga yang hendak membelinya. orang-orang Uyghur berdatangan dari desa-desa membawa domba-domba yang hendak dijual.

Harga seekor domba bervariasi, tergantung beratnya. Rata-rata berkisar 2.000-3.500 Yuan (kira-kira lebih Rp 2,8 juta hingga hampir Rp 5 juta). Memang ukuran dombanya besar-besar. Ada juga harga di bawah 2.000 Yuan, tetapi tentu ukurannya kecil.

"Dalam tradisi umat Islam di Kashgar, kegiatan selalu ramai menjelang Idul Qurban. Kami akan berkumpul bersama,makan bersama, kemudian merayakan dengan menari dan menyanyi bersama," kata Kaderya, staf dari kantor pariwisata Kota Kashgar, yang memandu selama perjalanan di Kashgar, Sabtu.

Kasghar merupakan kota terbarat di daratan China yang berbatasan dengan negara-negara Asia Tengah, seperti Tajikistan, Kyrgistan, juga di pertemuan batas Afganistan, Pakistan, dan India.

Di masa silam, kota Kashgar merupakan wilayah pelintasan jalur sutra. Perjalanan dari Beijing, ibu kota China, sekitar hampir tujuh jam, dengan transit di Urumqi, ibu kota Xinjiang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com