Muslim China Sambut Idul Adha, Harga Domba Hampir Rp 5 Juta

Kompas.com - 05/11/2011, 17:35 WIB
Penulis Subhan SD
|
EditorRobert Adhi Ksp

KASHGAR, KOMPAS.com - Kaum Muslim di kota Kashgar, Daerah Otonom Xinjiang, China, tampak antusias menyambut Idul Adha, yang jatuh pada Senin (7/11/2011) lusa.

Hari Sabtu (5/11/2011), warga muslim yang umumnya etnik Uyghur mulai melakukan berbagai persiapan, antara lain rencana keluarga untuk berkumpul bersama.

Wartawan Kompas M. Subhan SD dari Kashgar, Xinjiang, China melaporkan, kesibukan lain yang terlihat kentara adalah penjualan hewan ternak untuk kurban. Pasar-pasar ternak dibanjiri penjual kambing atau domba dan warga yang hendak membelinya. orang-orang Uyghur berdatangan dari desa-desa membawa domba-domba yang hendak dijual.

Harga seekor domba bervariasi, tergantung beratnya. Rata-rata berkisar 2.000-3.500 Yuan (kira-kira lebih Rp 2,8 juta hingga hampir Rp 5 juta). Memang ukuran dombanya besar-besar. Ada juga harga di bawah 2.000 Yuan, tetapi tentu ukurannya kecil.

"Dalam tradisi umat Islam di Kashgar, kegiatan selalu ramai menjelang Idul Qurban. Kami akan berkumpul bersama,makan bersama, kemudian merayakan dengan menari dan menyanyi bersama," kata Kaderya, staf dari kantor pariwisata Kota Kashgar, yang memandu selama perjalanan di Kashgar, Sabtu.

Kasghar merupakan kota terbarat di daratan China yang berbatasan dengan negara-negara Asia Tengah, seperti Tajikistan, Kyrgistan, juga di pertemuan batas Afganistan, Pakistan, dan India.

Di masa silam, kota Kashgar merupakan wilayah pelintasan jalur sutra. Perjalanan dari Beijing, ibu kota China, sekitar hampir tujuh jam, dengan transit di Urumqi, ibu kota Xinjiang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.