Apak Hoja, Lebih Terkenal dari Ayahnya

Kompas.com - 05/11/2011, 17:32 WIB
Penulis Subhan SD
|
EditorRobert Adhi Ksp

KASHGAR, KOMPAS.com - Kota Kashgar berpenduduk mayoritas Muslim. Komunitas Muslim itu merupakan etnik Uyghur, yang beberapa kali melakukan perlawanan terhadap pemerintah. Sebanyak 90 persen penduduk kota Kashgar adalah etnik Uyghur, 8 persen etnik Han, dan sisanya berbagai etnik.

Sebagai daerah yang memiliki jejak sejarah Islam cukup panjang, Kashgar memiliki beberapa situs sejarah. Salah satunya adalah kompleks makam Apak Hoja, penyebar Islam di Kashgar.

Kompleks pemakaman ini merupakan lokasi wisata yang pasti dikunjungi pelancong. Saat dikunjungi wartawan Kompas M. Subhan SD Jumat (4/11.1011), tampak beberapa rombongan pelancong memasuki areal pemakaman tersebut. Bahkan ada rombongan tentara China yang berpelesiran ke tempat itu.

Direktur Pariwisata Kashgar Jia Wei Dong mengatakan. tahun lalu jumlah pelancong yang mengunjungi Kashgar sekitar 2,34 juta orang. Pariwisata Kota Kashgar menawarkan obyek-obyek wisata menarik termasuk wisata sejarah Islam.

Lokasi makam Apak Hoja berada sekitar 5 kilometer arah timur laut dari pusat kota. Berada di kampung Hazriti, kawasan makam itu cukup luas.

Kompleks makam itu dibangun tahun 1640. Pada mulanya makam itu dibangun untuk Mohammad Yusuf Hoja, ayah Apak Hoja. Yusuf seorang ulama sufi Tarekat Naqsabandiyah dari Asia Tengah.

Apak Hoja yang meneruskan peran sang ayah justru makin meluaskan syiar Islam di Kashgar dan sekitarnya. Namanya justru lebih populer, sampai-sampai penamaan kompleks pemakaman merujuk pada namanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.