Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Bantah Mau Serang Iran

Kompas.com - 04/11/2011, 13:26 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemerintahan Presiden Barack Obama terus berupaya menyelesaikan masalah nuklir Iran melalui diplomasi dan tidak mencari konfrontasi militer dengan Teheran, kata Departemen Luar Negeri AS.

Media Barat baru-baru ini menyiarkan laporan rencana kontingen militer AS, Inggris dan Israel bersiap-siap untuk melancarkan serangan terhadap Iran.

"Kami telah mengatakan berulang kali dalam pekan-pekan dan bulan-bulan terakhir bahwa  kami tidak mencari konfrontasi militer dengan Iran. Itu masih menjadi sikap kami ," kata juru bicara Victoria Nuland kepada wartawan pada Kamis (3/11/2011).

"Kami mengejar tujuan dengan Iran dengan menumbuhkan masyarakat dari negara-negara yang bersedia untuk berbicara dan tekanan mereka di IAEA serta di luar itu untuk memenuhi kewajiban mereka," kata Nuland.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) sedang mempersiapkan untuk mengungkapkan data intelijen baru tentang dugaan program senjata nuklir Iran pekan depan.

"Kami mengharapkan IAEA melaporkan apa yang akan membawa kita maju dalam perundingan ini dengan Iran," kata Nuland.

Amerika Serikat dan sekutu Baratnya menuduh Iran mengembangkan senjata nuklir dengan kedok program energi nuklir damai. Tetapi Teheran membantah semua tuduhan, dan mengatakan bahwa program nuklirnya adalah berfokus pada kebutuhan listrik negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com