Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebutuhan Hewan Kurban di Wonosobo 10.000 Ekor

Kompas.com - 03/11/2011, 19:53 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com — Kebutuhan hewan kurban di  Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, pada hari raya Idul Adha tahun ini diperkirakan mencapai 10.000 ekor.

Permintaan masyarakat terhadap sapi dan kambing kurban ini diperkirakan meningkat sekitar 20 persen dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Wonosobo, Soeharto, Kamis (3/11/2011), mengatakan, menjelang hari raya Idul Adha, kenaikan permintaan menyebabkan para pedagang lokal terpaksa mendatangkan hewan kurban dari daerah lain, seperti Purworejo dan Kediri (Jawa Timur).

"Seiring dengan kenaikan permintaan, harga hewan kurban pun melonjak tajam," tuturnya.

Menurut Soeharto, jika pada September lalu harga sapi masih berkisar Rp 6 juta untuk ukuran sedang, saat ini sudah mencapai Rp 7,5 juta per ekor. Sementara  harga kambing lonjakannya lebih tajam, pada pekan kemarin masih sebesar Rp 850.000 per ekor, dengan jenis dan berat yang sama saat ini sudah naik menjadi Rp 1,3 juta per ekor.

Untuk melindungi konsumen, pihaknya melakukan koordinasi dengan tim terkait dari Dinas Peternakan untuk memastikan peredaran hewan kurban di Wonosobo sehat. Pantauan juga dilakukan di wilayah perbatasan yang menjadi jalur distribusi perdagangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com