Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Kembali Jadi "Orang Paling Berkuasa"

Kompas.com - 03/11/2011, 09:53 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama kembali merebut gelar "Orang Paling Berkuasa 2011" yang tahun lalu diraih Presiden China Hu Jintao, berdasarkan daftar tahunan yang dirilis majalah Forbes.

Posisi ini diraih Obama berkat kesuksesan operasi militer NATO di Libya dan tewasnya pemimpin Al Qaeda Osama bin Ladin.

Majalah bisnis itu menilai, meskipun popularitasnya di dalam negeri terpuruk dengan sejumlah masalah pelik yang dihadapi pemerintahannya sehingga membahayakan peluangnya untuk terpilih kembali, Obama berhasil menempati posisi sebagai orang paling berkuasa di planet ini. Mengapa?

"Amerika Serikat masih, tak terbantahkan, merupakan negara paling kuat di dunia, dengan perekonomian terbesar dan inovatif serta militer yang paling mematikan," tulis Forbes.

Sementara itu peringkat kedua didudki oleh PM Rusia Vladimir Putin, menyusul pengumuman bahwa Presiden Dmitry Medvedev akan "menyingkir" supaya Putin bisa maju lagi dalam pemilihan presidn pada 2012.

Orang paling berkuasa tahun lalu, Hu Jintao, turun ke peringkat 3 setelah pemimpin berusia 68 tahun itu mulai mengalihkan kekuasannya pada calon penggantinya, Xi-Jinping.

Di peringkat 4 ada Kanselir Jerman Angela Merkel yang harus bergulat dengan krisis zona euro. Ini menjadikan Merkel sebagai perempuan paling berkuasa dunia dan pemimpin Eropa berperingkat tertinggi.

Perdana Menteri Inggris David Cameron menduduki peringkat ke-10 dalam daftar tersebut, satu peringkat di bawah pendiri Facebook Mark Zuckerberg. Peringkat Cameron ini turun empat peringkat dibanding tahun lalu. Menurut Forbes, hal itu akibat skandal penyadapan telepon oleh News of the World dan penahanan mantan staf khususnya, Andy Coulson, akibat skandal itu.

"Yang pernah dianggap sebagai kedatangan kembali Margaret Thatcher, perdana menteri Inggris sekarang ini menjadi sasaran pukul di Inggris," tulis Forbes tentang Cameron.

Tokoh lain yang masuk dalam 10 besar adalah Bill Gates dan Paus Benediktus XVI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com