Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Banyak Hewan Kurban di Trotoar

Kompas.com - 02/11/2011, 11:26 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Larangan pemanfaatan trotoar dan bahu jalan sebagai tempat berjualan hewan kurban belum diindahkan sebagian pedagang. Umumnya mereka mengaku belum mendengar informasi adanya larangan tersebut.

"Tempat ini setiap malam digunakan pedagang makanan. Kalau siang kosong, jadi kami manfaatkan," kata Dul, pedagang hewan kurban di Jalan Rajawali Timur, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (2/11/2011).

Ia mengaku belum pernah mendengar larangan berjualan di trotoar jalan. Selain Dul, banyak pedagang hewan kurban lain yang memanfaatkan trotoar sisi barat Jalan Rajawali Timur. Mulai dari pertigaan Pegadegan hingga dekat Stasiun Pasar Minggu Baru, jejeran hewan kurban dipajang pedagang yang memanfaatkan trotoar jalan.

Pemandangan serupa terlihat di Jalan Ahmad Yani, wilayah Utan Kayu Selatan, Jakarta Timur, Jalan Cipinang Muara, Jakarta Timur.

Dody, pedagang domba di Cipinang Muara sudah berjualan hewan kurban dalam beberapa tahun terakhir. "Enggak pernah ada yang melarang," kata Dody.

Para pedagang tersebut adalah pedagang musiman yang hanya menjual hewan menjelang perayaan Idul Adha. Karena tidak memiliki lokasi berjualan yang tetap, mereka akhirnya memanfaatkan ruang terbuka publik, termasuk trotoar dan bahu jalan.

Sayangnya, kehadiran mereka mengganggu ketertiban umum lantaran menyita tempat yang diperuntukkan bagi pejalan kaki. Apalagi, kebersihan di lokasi tempat perdagangan musiman tersebut juga kurang terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com