Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Lebanon-Suriah Perketat Perbatasan

Kompas.com - 01/11/2011, 15:07 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com - Militer Lebanon mengeluarkan pernyataan pertamanya bahwa negara itu melancarkan misi untuk mengendalikan perbatasan dengan Suriah, sejak terjadinya penyusupan orang Suriah ke Lebanon.

Militer Lebanon dalam pernyataannya, Selasa (1/11/2011), yang dikutip kantor berita setempat menyatakan telah berkoordinasi dengan tentara Suriah untuk menangani masalah keamanan.

Peningkatan masalah keamanan terjadi seiring dengan semakin banyaknya warga Suriah yang menyeberang ke Lebanon untuk melarikan diri dari kerusuhan yang terjadi di tanah air mereka.

"Banyak kabar mengenai masalah perbatasan yang semakin berkembang. Terkadang informasi beredar tentang masuknya militer Suriah ke wilayah Lebanon untuk mengejar orang yang buron," bunyi pernyataan tersebut.

"Di lain waktu juga, ada kabar tentang operasi penanaman ranjau di dalam dan di luar perbatasan Lebanon. Informasi ini dalam perkembangannya juga disertai oleh pertanyaan tentang peran militer Lebanon."

"Komando militer ingin menjelaskan bahwa kesatuannya akan segera campur tangan jika terjadi pelanggaran di wilayah itu," kata pernyataan itu.

Militer Lebanon juga bersumpah akan mengambil langkah guna mencegah terjadinya penyelundupan senjata dan penyusupan senjata Lebanon ke Suriah.

Setidaknya tiga warganegara Suriah dilaporkan tewas selama Oktober akibat serangan lintas-perbatasan militer di Lebanon timur. Kejadian itu juga mendorong meningkatnya ketegangan di perbatasan.

Aliansi 14 Maret, yang didukung Barat, telah meminta pemerintah dan militer Lebanon untuk bertindak agar menghentikan apa yang mereka sebut sebagai "pelanggaran Suriah" di perbatasan Lebanon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com