UNESCO Terima Otoritas Palestina

Kompas.com - 31/10/2011, 20:45 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Organisasi PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Budaya (UNESCO) menerima Otoritas Palestina sebagai anggota tetap melalui voting alias pemungutan suara 193 anggotanya. Berbasis di Paris, Perancis, sebagaimana warta Xinhua pada Senin (31/10/2011), 107 anggota organisasi itu menyatakan menerima. Lalu, 14 anggota menolak. Sementara, 52 anggota memilih abstain.

Dalam voting itu, Perancis menjadi salah satu dari kubu yang menerima Otoritas Palestina. Sementara, Israel, sudah dipastikan, berada di kelompok penentang.

Dengan fakta itu, UNESCO menjadi organisasi pertama PBB yang menerima Otoritas Palestina. Bulan depan, Dewan Keamanan PBB baru mengadakan voting bagi permohonan keanggotaan tetap Otoritas Palestina di PBB. Pada 23 September 2011, pemimpin Otoritas Palestina Mahmoud Abbas meminta keanggotaan tetap bagi Otoritas Palestina melalui Majelis Umum.

Sementara itu, pada awal Oktober tahun ini, Badan Eksekutif UNESCO merekomendasikan penerimaan Otoritas Palestina di organisasi itu. Alhasil, voting terlaksana pada Konferensi Umum yang ke-26 UNESCO di Paris pada Selasa (25/10/2011) sampai dengan Kamis (10/11/2011).

Sebelumnya, Amerika Serikat sudah menebar peringatan bernada mengancam akan menyetop duit 70 juta dollar AS bagi kegiatan rutin UNESCO. Angka itu setara dengan 20-22 persen dari total bujet UNESCO. Sementara, di UNESCO pula, Israel menyumbang 3 persen dari total fulus tersebut.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.